POLA HIASAN

POLA HIASAN
Pola hiasan adalah konsep atau  tata letak motif pada bidang tertentu sehingga menghasilkan ragam hias yang jelas arahnya. Dalam membuat pola hiasan harus melihat fungsi benda dan penempatan benda tersebut.
Pola hias disebut juga motif hias, sedangkan motif disebut juga ragam hias. Motif-motif untuk pola hias dapat bersumber dari flora, fauna, benda buatan atau benda keadaan alam.Pola hiasan mempunyai arti konsep/tata letak motif pada bidang tertentu sehingga menghasilkan ragam hias yang jelas arahnya. Dalam membuat pola hiasan harus dilihat fungsi bendanya dan penempatanya harus tepat.
Macam –macam pola hiasan
§                  Pola serak
           Merupakan motif pada seluruh permukaan benda dengan prinsip pengulangan  dan irama yang memiliki jarak. Bentuk dan ukuran yang sama, serta dapat diatur ke satu arah , dua arah maupun segala arah. Pola hias adalah pola atau motif yang disusun berulang – ulang dengan teratur pada jarak tertentu. Penempatan motif pada seluruh permukaan benda dengan prinsip perulangan dan irama, yang memiliki jarak, bentuk dan ukuran yang sama, serta dapat diatur kesuatu arah, maupun segala arah.
§                  Pola berdiri
Merupakan penempatan motif pada tepi benda dengan menggunakan pada tepi benda dengan prinsip  simetris dan bagian bawah lebih berat dan kokoh dari pada bagian atas.
§                  Pola bergantung
Merupakan penempatan motif pada tepi benda dengan prinsip simetris  dan  pada bagian atasnya lebih kokoh dan berat dari pada bagian bawahnya, semakin kebawah semakin kecil dan ringan.
§                  Pola beranting
          Pola beranting hampir sama dengan pola serak, hanya pada pola beranting motif hiasannya antara motif satu dan motif lainnya saling berhubungan .garis menghubungkan motifnya dapat berupa garis vertikal, garis horizontal atauupun garis diagonal.
          Motif pada pola beranting dapat diulang ke bagian atas , bagian bawah, kiri ataupun kanan.pola beranting juga merupakan penempatan motif pada tepi atau seluruh permukaan  benda dengan prinsip pengulangan , saling berhubungan dan ada garis yang  menghubungkan motif yang satu dengan yang lainnya dan motif ini membentuk satu kesatuan .
§                  Pola berjalan
Merupakan penempatan motif  pada tepi benda dengan prinsip  pengulangan motif diatur dan dihubungkan  dengan garis lengkung sehingga nampak  seperti tidak dapat diputuskan . ragam hias disusun miring dan  dapat lebih rapat.  Pola hias ini motif  hiasannya disusun agak condong ke kiri atau ke kanan sehingga motifnya tampak berjalan atau saling berkejaran. Bentuk motif dapatdiulang ke sebelah kanan atau ke kiri.

§                  Pola memanjat
Motif disusun pada garis tegak lurus, kemudian motif naik dengan cara membelit- belit atau merambat pada garis tersebut.
Langkah – langkah menggambar pola hiasan. 
·                Siapkan peralatan menggambar dan mewarnai
·                Gambar  sebuah motif ambil dari gambar asli yang telah di stilasi kemudian ubah gambar sesuai dengan pola hiasan
·                Kutip gambar yang sudah jadi dengan doorslag
·                Ulangi pengutipan motif sebanyak yang direncanakan
·                Tebalkan dengan pensil atau beri warna.

Comments