Tuesday, June 21, 2011

STILASI (MERENGGA)

MERENGGA ( STILASI )
Ragam hias yang digunakan untuk menghias benda umumnya ragam hias yang sudah di stilasi. Stilasi ini dapat dilakukan dengan cara menggubah bentuk atau dengan melihat objek dari berbagai arah. Ragam hias ini dapat dibuat menjadi bermacam-macam ragam hias dengan gaya yang berbeda namun ciri khas bentuk aslinya masih kelihatan.
 Stilasi ini dapat dilakukan untuk bentuk-bentuk geometris dan bentuk-bentuk naturalis seperti stilasi bentuk segitiga, bentuk segi empat, bentuk lingkaran dan sebagainya. Stilasi bentuk-bentuk alam seperti stilasi buah-buahan, stilasi daun, stilasi bunga, stilasi manusia, sitilasi binatang, dan stilasi bentuk-bentuk alam lainnya. Selain itu stilasi juga dapat dilakukan pada berbagai ragam hias yang sudah ada baik ragam hias naturalis, geometris maupun ragam hias dekoratif.
Gambar stilasi contohnya seperti gambar motif ukiran. Gambar motif ukiran yang didapat dari hasil stilasi bentuk alami tersebut dimaksudkan sebagai hiasan dengan gaya dan irama tersendiri. Penerapan hasil stilasi menjadi motif ukiran pada suatu benda banyak dipengaruhi oleh bentuk-bentuk ikal atau spiral, bentuk yang berpilin-pilin dan saling jalin menjalin disamping garis-garis yang berfungsi sebagai pecahan yang serasi.
Pengertian  Merengga atau stilasi  
a)  Menyusun motif  baru dengan merangkai bentuk yang salah lalu di sederhanakan. Merubah bentuk asli dari suatu sumber menjadi bentuk baru yang bersifat dekoratif tetapi ciri khusus dari sumber tersebut tidak hilang sepenuhnya.
b)  Menyusun bentuk baru dengan jalan merangkaikan bentuk-bentuk yang sudah disederhanakan.
c)  Menyederhanakan bentuk asli dengan mempertahankan ciri khusus benda tersebut.
d)  Merubah bentuk asli dari sumber menjadi bentuk yang baru yang bersifat dekoratif dengan tidak menghilangkan ciri khas dari bentuk asli.
Tujuan merengga adalah menciptakan dekorasi suatu benda sehingga benda tersebut terlihat lebih indah dan menarik serta mengubah sifat permukaan benda menjadi lebih baik dengan mutu benda yang meningkat.

Benda yang dapat direngga yaitu:
a)     Benda Alam        : Manusia, Hewan, Tumbuh-tumbuhan
b)     Benda Buatan     : Benda-benda yang dibuat dengan alat mekanik yang berbentuk geometris.
Benda alam  seperti manusia, hewan dan tumbuhan adalah benda yang dapat direngga berupa bentuk utuh atau bagian-bagiannya. Mulai dari bentuk tatanan rambut sampai ujung jari, demikian pula dengan hewan dan tumbuh-tumbuhan, dari pucuk sampai akarnya. Bentuk-bentuk tersebut bisa didekoratif juga bisa digambar seperti aslinya. Namun, jika bentuk-bentuk tersebut dibuat dengan gaya yang unik dan lucu maka akan lebih menarik jika disesuaikan dengan penempatan motif tersebut.
Benda buatan, biasa dipakai yaitu benda dua dimensi seperti bulat,geometris dan bebas . variasi susunan paduan bentuknya, maka akan tampak motif buatan yang menarik.
Teknik Merengga
a)    Merengga
Teknik merengga  dengan cara memberi gambar pada permukaan benda yang dapat dilakukan dengan berbagai cara berbagai macam teknik menggambar dengan tekstil yaitu: batik tulis, sablon, jumputan, printing.
b)   Mengukir
Salah satu teknik merengga dengan cara mengukir permukaan benda dengan menggunakan alat pahat atau benda tajam lainya. Biasanya benda yang dapat dibuat adalah perabot yang terbuat dari kayu.
c)    Mengkolase
Salah satu teknik merengga dengan cara menempelkan hiasan pada permukaan benda dengan cara dijahit atau di lem.
d)   Menyulam & Membordir
Teknik merengga dengan cara menambah atau mengubah bagian-bagian dari struktur benda dengan menggunakan perangkatnya.
e)    Menggarnis
Teknik merengga yang diterapkan dalam bidang boga dengan materi berupa bagian hidangan itu sendi atau bagian lainya yang menunjang, dalam bidang busana disebut graniture. Tujuanya untuk mempermudah dan meningkatkan mutu pakaiaan, biasanya berupa lipit-lipit jarum, renda dan lain.
Cara merengga sebagai berikut:
§      Menggambar bentuk asli dari beberapa arah pandangan.
§      Misalnya tampak depan, tampak samping, belakang, bawah dan sebagainya.
§      Mencari bagian lain yang akan mencari objek
§      Menggambar objek
§      menggambar menurut dengan gaya sendiri.


3 comments:

  1. thanks artikelnya...terjawab sudah disini :)

    ReplyDelete
  2. sama-sama alhamdulillah kalau bermanfaat .. :)

    ReplyDelete
  3. izin share ya ?
    makasih, artikelnya menarik.

    ReplyDelete